Rabu, 20 Mei 2015

Makhluk Ghaib Selain Malaikat

Alam Jasmani dan Alam Rohani
Alam yang dapat dilihat. didengar, diraba, dan dirasa oleh pancaindera dinamakan alam syahadah, konkrit atau fisik. Manusia termasuk salah satu dari alam syahadah karena diciptakan dalam bentuk konkrit, sebagaimana firman Allah dalam surat At-Tin ayat 4 yang artinya"Sesungguhnya Kami telah menciptakan manusia dalam bentuk yang sebaik-baiknya
Selain alam yang bisa ditangkap oleh pancaindra manusia, ada juga alam yang tidak dapat dilihat, didengar, dirasa, dan diraba oleh pancaindra manusia yang dinamakan alam ghaib, abstrak atau metafisika, seperti ruh dan lain-lain.
Jin Islam dan Jin Kafir
Diantara makhluk ghaib adalah Jin. Mereka berbeda dengan malaikat yang diciptakan dari nur (cahaya). Dalam tafsir Ibn Katsir disebutkan bahwa jin diciptakan dari percikan api (marij min nar) yang berhawa panas. Dalam segi sifat dan perilakunya mereka lebih banyak menyerupai sifat-sifat manusia, ada yang jahat dan ada pula yang baik.
Tahukah kamu apa bedanya orang kafir dengan orang Islam? Tentunya sebagai orang Islam, Kita tahu bedanya antara orang Islam dengan orang kafir. Dalam kehidupan nyata, kita bisa menyaksikan secara langsung, bahwa orang kafir jelas berbeda sekali dengan orang Islam. Orang-orang kafir adalah orang yang mengingkari adanya Allah dan mengingkari nikmat-nikmat Allah sehingga mereka tidak mau mengakui dan menyembah kepada Allah. Sedangkan orang Islam benar-benar adalah orang berserah diri kepada Allah artiya mengakui dan menyembah kepada Allah.
Demikian halnya dengan mahluk yang bernama jin. Sebagian dari mereka ada yang benar mengakui dan menyembah kepada Allah dan ada yang sebaliknya tidak mau sama sekali untuk mengakui dan menyembah Allah.

4 komentar:

  1. wah jadi tahu nih,makasih ya gan, salam blogger

    BalasHapus
  2. ngomongin soal jin
    jadi ngeri tuh...

    karena jin itu bisa aja jerumusin manusia ke jalan sesat sama kayak setan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mas Ara naggara, makasih dah berkunjung

      Hapus