Jumat, 20 Maret 2015

Hukum Menjawab Salam Dari TV

Dalam Tayangan drama TV, biasanya ada adegan seorang yang mengucapkan salam. Assalamu'alaikum Warahmatullohiwabarakatuh, yang ditujukan kepada tokoh lain dalam drama itu. Nah, kita sebagai pemirsa, wajibkah menjawab salam itu?
Jawab:
Salam, Assalamu'alaikum warahmatullohiwabarakatuh" disamping merupakan tahniah sesama muslim yang dianjurkan oleh Al-Qur'an, sebenarnya merupakan doa baik dari yang menyalami untuk disalami:semoga yang terakhir ini mendapat kedamaian, rahmat, dan barakah Allah.
Salam juga, seperti petunjuk Rasulullah Saw. merupakan sarana agar hamba Allah ini saling mencintai, sebab Rasulullah pernah berkata: Walaa tu'minuuna hatta takhabbuu..... yang artinya "Dan kalian belum sebenarnya beriman sebelum kalian saling mencintai" (HR.Muslim dari Abu Hurairah).

Memang pada prinsipnya, menyampaiakn salam hukumnya sunnah dan menjawab hukumnya wajib. Namun ketentuan ini ada aturan mainnya. Ada saat kapan kita disunnahkan menyalami dan kapan diwajibkan menjawab salam. Misalnya, kalau kita sedang dikamar kecil, ada yang menyalami kita, maka kita tidak wajib menjawabnya. Termasuk yang anda tanyakan, tentu saja si penerima TV tidak wajib menjawab, wong tidak ada yang menyalaminya. Apalagi si pemain drama itukan sedang berpura-pura.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar