Minggu, 26 Maret 2017

Memahami Isi Kandungan Surah Al-Kafirun

Sudahkah anda memahami isi kandungan surah al-kafirun? Untuk bisa memahami isi kandungan surah al-kafirun, ikuti penjelasan dibawah ini.
Nama surah al-kafirun diambil dari lafal al-kafirun yang terdapat pada ayat pertama al-kafirun artinya orang-orang kafir. Surah al-kafirun adalah surah ke 109 dengan jumlah 6 ayat. Surah al-kafirun termasuk surah Makkiyah. Surah al-kafirun memberi tuntunan kepada Nabi Muhammad saw. dan para sahabat agar jangan menghiraukan orang kafir yang selalu menghina ajaran Islam. Kita mengetahui bahwa orang-orang kafir Quraisy senantiasa berusha menghalangi dakwah Nabi Muhammad saw. mereka mengancam beliau, namun beliau tidak pernah takut.
Orang-orang kafir quraisy juga melakukan berbagai bujukan dan rayuan kepada Nabi Muhammad saw. menolak bujukan dan terus menyampaikan Islam, bahkan pengikut beliau terus bertambah.
Melihat kenyataan itu, orang-orang kafir Quraisy mendatangi Nabi Muhammad saw. dan mengajukan tawaran lain. Mereka bersedia menyembah Tuhan yang disembah Nabi Muhammad saw. selama satu tahun. Syaratnya, tahun berikutnyabeliau bersedia menyembah tuhan yang mereka sembah.
Menjawab tawaran itu, Allah Swt menurunkan surah al-kafirun yang mengatakan, "Katakanlah, wahai orang-orang kafir! Aku tidak akan menyembah apa yang kamu sembah."
Surah al-kafirun mengajak kita untuk senantiasa tegas terhadap orang-orang kafir, khususnya dalam hal ibadah. Islam tidak melarang umatnya untuk bermuamalah (bergaul) dengan orang yang beragama lain selama tidak menyangkut masalah akidah. Kita hars tegas menolak ajakan teman yang tidak Islam untuk ikut melaksanakan kegiatan ibadahnya.
Secara garis besar kandungan isi surah al-kafirun adalah sebagai berikut:
  1. Allah swt adalah Tuhan semesta.
  2. Nabi Muhammad saw. dan umat Islam tidak akan menyembah apa yang disembah oleh umat pemeluk agama Islam.
  3. Tidak boleh mencampuradukan keyakinan dalam toleransi agama.

4 komentar:

  1. Saya jadi terkenang saat menghafal surat Al-Kafirun di awal-awal,
    terima kasih jadi segar lagi ingatan saya memahami kandungan surat Al Kafirun ini

    BalasHapus
  2. alhamdulllah bisa nambah ilmu.. makasih infonya mas

    BalasHapus