Minggu, 26 Maret 2017

Hukum Mengetahui Makanan Yang Halal

Hukum Mengetahui Makanan Yang Halal - Mengetahui, mencari dan mengkonsumsi makanan minuman yang halal hukumnya fardhu 'ain bagi setiap orang Islam yang sudah mukallaf. Orang tua wajib memberikan nafkah dan jenis makanan yang halal untuk anak-anaknya, suami wjib mencari dan memberikan nafkah dari jenis makanan yang halal untuk istri dan anak-anaknya. Begitu pula bagi istri, anak-anak dan bahkan setiap orang wajib untuk bisa memilah dan memilih tentang jenis makanan dan minuman yang layak dan halal untuk dikonsumsi. Rasulullah SAW pernah bersabda yang artinya:
"Mencari makanan yang halal itu diwajibkan bagi setiap Muslim."
"Setiap Daging (dalam tubuh manusia) ang tumbuh dari sesuatu yang haram, maka api neraka lebih layak untuknya."
Sekecil apapun makanan atau minuman yang dikonsumsi, apabila berasal dari perkara yang haram maka dapat membawa dampak yang sangat besar. Karena daging dan darah yang terbentuk dari makanan dan minuman yang haram, baik secara dzatilah atau secara kasbiah (haram dalam tata cara mencarinya), cenderung membentuk manusia bersifat negatif dan berperilaku negatif pula. Beriut beberap pendapat ulama tentang bahayanya mengkonsumsi makanan yang halal.
  1. Imam Abu Hanifah : Seandainya seorang hamba bribadah kepada Allah sehingga bagaikan tiang (masjid), sedangkan yang dimakan tidak jelas halal dan haramnya, maka ibadahnya tidak akan diterima Allah SWT
  2. Imam Sufyan Ats-Tsauri : Barag siapa berinfaq di jalan Alah dengan harta yang haram, maka bagaikan orang yang mencuci pakaian dengan air kencing.
  3. Syaikh Ali As-Syadzili: Barang siapa makan dari makanan yang halal, maka hatinya akan menjadi lembut, terang, tidak terhalang untuk ma'rifat kepada Allah dan tidak akan mempunyai hobi tidur. Dan barang siapa makan dari makanan yang haram, maka hatinya akan menjadi keras, gelap, terhalang untuk ma'rifat kepada Allah dan mempunyai kebiasaan dan hobi tidur.

4 komentar:

  1. alhamdulillah, terima kasih pencerahannya,
    makanan yang halal sangat mempengaruhi akhlak seseorang

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul sekali mba maya, makanya marilah jauhkan anak-anak kita dari makanan yang tidak halal

      Hapus
  2. Untungnya kita hidup di negara yang banyak menyediakan makanan yang Halal. Makanan Haram sebenarnya secara ilmiah juga tidak baik bagi kesehatan. itulah salah satu alasan kenapa kita dilarang mengkonsumsinya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul sekali untungnya ada label halal dari MUI yah

      Hapus