Minggu, 29 Januari 2017

Waktu-waktu Shalat Fardu

Sehari semalam shalat wajib lima waktu ada lima waktu, berikut ini adalah waktu-waktu dalam shalat Fardu lima waktu:

  1. Waktu zuhur: mulai sejak tergelincirnya matahari hingga bayangan setiap benda sama seperti bendanya selain bayangan istiwa (bayang benda pada saat matahari berada pada pertengahan langit). Shalat zuhur lebih baik dilakukan segera kecuali dalam kondisi yang sangat panas sunahnya diakhirkan sehingga panas menurun menjadi dingin, dikerjakan dengan empat rekaat.
  2. Waktu ashar: mulai sejak habisnya waktu zuhur hingga matahari berwarna kekuning-kuningan. Dan waktu darurat (yaitu wajib dilakukan dengan segera) sampai terbenamnya matahari. Shalat ini disunahkan agar segera dilaksanakan dan jumlahnya empat rekaat.
  3. Waktu Maghrib: mulai sejak terbenamnya matahari sampai hilangnya mega-mega merah dan shalat ini dianjurkan untuk disegerakan dan jumlah rekaatnya tiga rekaat.
  4. Waktu Isya: mulai dari hilangnya mega merah sampai pertengahan malam. Adapun waktu darurat hingga terbitnya fajar kedua, jika memungkinkan, dianjurkan untuk mengakhirkannya sampai sepertiga malam, jumlahnya empat rekaat.
  5. Waktu shubuh: mulai sejak terbit fajar yang kedua hingga terbitnya matahari. Shalat ini lebih baik disegerakan, dan jumlah rekaatya dua rekat.

2 komentar:

  1. Kalau postingnya dikasih gambar satu saja biar lebih serasi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gitu yah mas, makasih sarannya, biar seger yah ada gambarnya

      Hapus