Sabtu, 28 Januari 2017

Sikap dan Perilaku Orang Munafik Serta Akibat Yang Ditimbulkannya

Pernahkah kalian mendengarkan ungkapan"lain dimulut lain dihati"? Ungkapan tersebut menggambarkan perilaku orang munafik. Munafik merupakan penyakit rohani yang sangat dipengaruhi oleh batin manusia. Oleh karena itu, penyakit ini tidak tampak. namun yang dapat diketahui hanya penjelmaan dari batin tersebut dalam bentuk sikap dan tingkah laku sehari-hari. Adapun sikap dan perilaku orang munafik adalah sebagai berikut:
  1. Apabila berkata berdusta
    Ciri pertama dari munafik adalah dusta, yakni menyatakan apa yang tidak sebenarnya. Dalam bidang muamalah, orang munafik mempunyai kebiasaan berkata dusta.
  2. Apabila berjanji mengingkari
    Ciri yang kedua dari munafik adalah, apabila berjanji sering menyalahi. Ibarat kata pepatah lidah tak bertulang. Mereka dengan mudah membuat janji dan mereka juga tidak memenuhi janjinya itu. 
  3. Apabila diberi amanat berkhianat
    Ciri yang ketiga dari munafik adalah apabila menerima amanat ia selalu berkhianat. Sifat ketiga ini muncul sebagi kelanjutan dari dua sifat diatas yaitu sering berdusta dan mengingkari janji. Ciri ketiga ini erat kaitannya dengan perbuatan orang munafik.
Akibat yang ditimbulkan dari sifat munafik adalah sebagai berikut:
  • Bersikap ragu-ragu (bingung) dalam menentukan sikap, karena sikap mendua.
  • Dijauhi orang, karena sering merugikan orang lain.
  • Sifat munafik akan merusak tatanan persahabatan.
  • Akan memperoleh siksa yang sangat pedih yaitu masuk dalam neraka yang paling bawah.

5 komentar:

  1. Orang munafik ini sangat berbahaya karena perilakunya seperti musang berbulu domba. Didepan tampak baik tapi dibelakang ingin menjatuhkan.

    BalasHapus