Rabu, 01 Juli 2015

Hubungan Iman, Islam dan Ihsan

Apa hubungan Iman, Islam dan Ihsan? Berikut penjelasan nya. Ada tiga unsur pokok dalam aqidah islam yang tidak bisa dipisahkan antara yang satu dengan yang lainnya Artinya, jika seseorang mengaku berakidah islam atau lebih mudahnya ia mengaku sebagai muslim, maka harus ada tiga pokok ini di dalam dirinya, yakni Islam, Iman dan Ikhsan. Ketiga nya memiliki hubungan yang sangat erat, untuk mengetahui nya, perlu diketahui terlebih dahulu pengertian ketiganya.
  1. Islam
    Kata Islam berasal dari bahasa arab yakni, aslama-yuslimu-islaaman yang artinya patuh, tunduk, menyerahkan diri dan selamat.
    Sedangkan menurut istilah, Islam yaitu agama yang mengajarkan agar manusia berserah diri dan tunduk sepenuhnya kepada Allah. Tunduk atau berserah diri adalah mengerjakan perintah Allah dan menjauhi larangan-Nya. Orang yang tunduk dan berserah diri kepada Allah di sebut Muslim.
  2. Iman
    Menurut bahasa Iman artinya percaya. Sedangkan menurut istilah iman adalah "membenarkan dengan hati, mengucapkan dengan lisan, dan dilaksanakan dengan anggota badan (perbuatan)".
    Jika seseorang sudah mengimani seluruh ajaran Islam, maka orang tersebut sudah dapat dikatakan mukmin (orang yang beriman).
  3. Ihsan
    Ihsan berasal dari bahasa arab ahsana-yuhsinu-ihsaanan yang berarti kebaikan. Ihsan adalah perbuatan baik sebagai bentuk penghambaan diri kepada Allah sebagai mahluk individu, yaitu hubungannya dengan Allah maupun dengan mahluk sosial yang selalu berinteraksi dengan sesama. Lebih lanjut disebutkan bahwa cara penghambaan diri ini harus senantiasa merasa melihat atau di lihat oleh Allah swt sebagaimana disebutkan dalam hadist nabi.:"Jibril bertanya,"Kabarkanlah kepadaku tentang Ihsan itu?"Nabi menjawab:"Kamu menyembah Allah seakan-akan kamu melihat-Nya, maka jika kamu tidak melihat-Nya, maka sesungguhnya Dia melihatmu". Dengan demikian berbuat baik kepada Allah maupun sesama harus dilakukan setiap saat karena ada kontrol langsung dari Allah swt.
Dari uraian diatas bisa kita tarik kesimpulan bahwa ketiganya tidak bisa dipisahkan antara satu dengan yang lainnya dalam menunjang akidah islam. Iman sebagai bentuk keyakinan, Islam sebagai bentuk ibadah, dan Ihsan sebagai bentuk perbuatan baik kepada Allah maupun kepada sesama manusia.
Semoga kita termasuk orang-orang yang senantiasa mendapat petunjuk dalam menjalankan akidah islam secara utuh dan tanpa keraguan.

13 komentar:

  1. ikut nyimak mbak, bagus ulasannya dan salam kenal.

    BalasHapus
  2. Ibadah yang dikerjakan dapat dikatakan sempurna jika seorang muslim membangun aqidah islam atas tiga landasan utama ya seperti iman, islam dan ihsan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul sekali mas Achmad Fazri, saya sependapat dengan anda. mksh

      Hapus
  3. Jadi semua itu bertalian satu sama lainnya ya mba?kalau hubungan manusia dengan alam gimana mba. Artikelnya bagus dan menambah wawasan, terima kasih..

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau saya menganggap antara manusia dan alam mempunyai keterikatan dan kita harus menjaganya...lalu alam juga dianggap sebagai tempat belajar untuk kehidupan dan kebesaran Tuhan....

      Hapus
  4. sempurna yah....jadinya agama yang mengajarkan kebaikan dan dilaksanakan secara kesungguhan dengan segenap jiwa raga dalam kehidupan....makasih gan pencerahannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama mbah, terimakasih juga kunjungan rutinnya

      Hapus
  5. Ketiganya emang saling terkait n tak bisa terpisahkan ya kak :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba, ketiganya memang saling berhubungan Ibarat bangunan yang kokoh

      Hapus
  6. Muah mudahan saya termasuk tergolong hamba yang ikhsan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amin mas Dwi s, semoga, kita doakan ya mas.

      Hapus