Selasa, 23 Juni 2015

APA ITU LAILATUL QADAR

Apa sih sebenarnya Lailatul Qadar itu? Lailat atau Lailah artinya malam dan al-qadar artinya mulia. Jadi, Lailat al-Qadar (biasa kita lafalkan Lailatul Qadar) secara harfiah berarti malam mulia atau malam kemulyaan.
Dalam surah ke 97 Al-Qur'an Surah Al-Qadr, disebutkan antara lain bahwa:
Lailatul Qadri Khoerummin alfi sahr (Al-Qadr:3) Yang artiya:"Malam Qadr"lebih baik dari seribu bulan. (QS.97.Al-Qadr:3)
Dan hadist nabipun banyak mengenai malam istimewa ini. Maka tidak mengherankan, bila sejak dulu, orang banyak membicarakannya, terutama jika puasa Ramadhan sudah mencapai separuh bulan.

Menurut Al-Qur'an surah 97 tadi, malam Al-Qadr adalah malam dimana Allah menurunkan Al-Qur'an. Tentu saja malam dimana Al-Qur'an turun, adalah malam yang sangat istimewa, terutama bagi hamba Allah. Bayangkan Allah yang maha besar yang mencipta segala, berkenan berfirman kepada kita, mahluk yang sangat keil dan lemah ini. Mengistimewakan kita dari mahluk-mahluk-Nya yang lain dengan memberikan tuntunan dan pedoman hidup bagi kebahagiaan kita di dunia dan akhirat.
Maka untuk memperingati malam yang luar biasa itu, sudah sepatutnya kita mengistimewakannya untuk mngisinya dengan tekun beribadah yang lebih dalam. 

2 komentar:

  1. malam lailatul qodar sebentar lagi? hayuk lbh semangat lagi dlm beribadah mengharap ridlo Allah smoga amal ibadah kita menjadi pemberat timbangan kebaikan. terimakasih mb devina sdh diingatkan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba sama-sama, terimakasih juga sudah berkunjung

      Hapus