Minggu, 28 Juni 2015

Adab Membaca Al-Qur'an

Al-Qur'an adalah firman Allah yang tidak mengandung kebatilan sedikitpun. Al-Qur'an adalah kotab pedoman dan petunjuk jalan yang lurus dan memberi bimbingan kepada umat manusia di dalam menempuh perjalanan hidupnya, agar selamat di dunia dan di akhirat, dan dimasukan dalam golongan orang-orang yang mendapatkan rahmat dari Allah swt. Untuk itulah tiada ilmu yang lebih utama dipelajari seseorang muslim melebihi keutamannya mempelajari Al-Qur'an.
Ketika membaca Al-qur'an, maka seorang muslim perlu memperhatikan adab-adab berikut ini:
  1. Membaca dalam keadaan suci, duduk yang sopan dan tenang.
    Dalam membaca Al-Qur'an seseorang dianjurkan dalam keadaan suci. Namun, diperbolehkan apabila dia membaca dalam keadaan terkena najis. Imam Haramain berkata:"Orang yang apabila dia membaca dalam keadaan najis, dia tidak dikatakan mengerjakan hal yang makruh, akan tetapi dia meinggalkan sesuatu yang utama." (At-Tibyan,hal.58-59).
  2. Membacanya dengan pelan (tartil) dan tidak cepat, agar dapat menghayati ayat yang dibaca. Rosulullah bersabda "Siapa saja yang membaca Al-Qur'an (khatam) kurang dari tiga hari, berarti dia tidak memahami." (HR.Ahmad dan para penyusun kitab-kitab Sunan).
  3. Membaca Al-Qur'an dengan khusyu', dengan menangis terenyuh karena sentuhan pengaruh ayat yang dibaca sehingga bisa menyentuh jiwa dan perasaan.
  4. Membaguskan suara ketika membacanya.
  5. Membaca Al-Qur'an dimulai dengan Isti'azah.
    Allah swt berfirman yang artinya,"Dan bila kamu akan membaca Al-Qur'an, maka mintalah perlindungan kepada Allah dari (godaan-godaan) syaitan yang terkutuk." (QS.An-Nahl:98). Membaca Al-Qur'an dengan tidak mengganggu orang yang sedang shalat, dan tidak erlu membacanya dengan suara yang terlalu keras atau di tempat yang banyak orang. Bacalah dengan suara yang lirih secara khusyu'.
Demikianlah cara dan adab membaca Al-Qur'an yang baik. Semoga menambah wawasan kita akan pentingnya membaca Al-Qur'an, sehingga bisa menambah ketaqwaan kita terhadap Allah swt.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar