Selasa, 25 November 2014

Khasiat Zaitun untuk Kesehatan dan Kecantikan

Bentuk buah ini bulat dan kecil layaknya seperti buah anggur. Sedangkan buah dan pohonnya berwarna hijau, ada pula yang berwarna hitam pekat. Zaitun tumbuh sebagai perdu dan mempunyai bunga berbentuk lonceng. Daunnya tunggal dengan kedudukan berhadapan tanpa daun penumpu.
Buah zaitun mulai buerbuah pada saat berumur lima tahun dan usinanya dapat mencapai ribuan tahun, sehingga yang tadinya perdu telah menjadi pohon besar. Pohon zaitun yang berumur ribuan tahun diantaranya pernah ditemukan di Palestina yang bertahan hidup seama 2000 tahun.
Rasulullah saw bersabda, "hendaklah kalian menggunakan minyak zaitun sebagai lauk dan buatlah ia sebagai minyak oles, karena ia (minyak zaitun) berasal dari pohon yang diberkahi.(HR Abu Daud).

Anas Bin Malik RA berkata: "Rasululloh meminyaki rambut, menyisir jenggot, dan membalur wajah dengan zaitun, seakan-akan pakaian  beliau adalah pakaian tukang minyak." (HR Tirmidzi).
Para ulama juga banyak menyebutkan khasiat minyak zaitun yang sangat besar ditinjau dari sisi gizi dan pengobatan. 
Ibnul Qayyim dalam kitab Zadul Ma'ad berkata: "Minyak Zaitun bisa menutup pori-pori tubuh dan mencegah zat yang masuk melalui pori-pori. Jika digunakan setelah mandi air panas, minyak zaitun akan memperbaiki dan melembabkan badan. Jika digunakan sebagai minyak rambut, akan menjadikan rambut indah dan panjang. Minyak zaitun juga berkhasiat untuk mengobati campak dan berbagai penyakit lainnya."
Khasiat lain dari buah zaitun adalah :
  1. Minyak zaitun berguna untuk mengontrol oksidasi kolesterol berbahaya (LDL)
  2. Makanan yang kaya kandungan minyak zaitun dapat mengurangi efek buruk lemak yang terkontaminasi di dalam makanan tersebut.
  3. Minyak zaitun mampu menurunkan tekanan darah.
  4. Minyak zaitun dapat mencegah kanker, terutama kanker payudara.
  5. Minyak zaitun makin menyehatkan jantung. caranya adalah dengan cara menjadikan minyak zaitun sebagai minyak goreng sehari-hari dirumah.
  6. dalam hal kecantikan minyak zaitun bermanfaat untuk kosmetik, bahan pembuat sabun, dan manfaat lain. Untuk manfaat kulit caranya dengan dioleskan pada kulit atau sebagai lulur agar kulit tetap lembab dan halu. Untuk pembersih wajah, gunakan sebagai masker sebelum tidur. Serta dapat menghilangkan ketombe pada kulit rambut anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar