Senin, 06 Juli 2015

Pengertian Taat

Taat menurut bahasa berarti tunduk, patuh dan setia. Menurut istilah taat bisa diartikan tunduk dan patuh terhadap segala perintah dan aturan yang berlaku. Taat kepada Allah berarti ptuh kepada perintah dan aturan-aturan yang dibuat oleh Allah dalam segala hal. Baik aturan itu berhubungan dengan berinteraksi dengan sesama manusia dan mahluk yang lainnya.
Lantas, bagaimana kita bisa tahu apa peraturan-peraturan Allah untuk kita sehingga kita bisa mentaati-Nya? Melalui Al-Qur'an tentunya! Disana Allah melalui firman-firmanNya tela mengutarakan segala peraturan dan keinginan-Nya terhadap umat manusia. Kemudian pernyatan berikutnya adalah bagaimana isi peraturan-peraturan itu masih bersifat umum atau global sehingga dirasa perlu penjelasan lebih lanjut? Melalui hadist-hadist Nabi-Nya tentunya! Sebagaimana yang kita ketahui bahwa sumber aqidah Islam adalah Al-Qur'an dan Hadist, maka demikian juga keduanya merupakan dasar dan sumber utama dalam menjalankan ketaatan kepada Allah di dunia.

Artinya, tidak cukup kita mentaati Allah tanpa mentaati Rasul-Nya. Bahkan Allah sendiri yang memerintahkan agar manusia taat kepada-Nya dan kepada Rasul-Nya baru kemudian kepada yang lainnya selama tidak bertentangan dengan perintah-Nya dan Rasul-Nya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar