Sabtu, 25 Maret 2017

Tata Cara Zikir dan Doa Setelah Salat Fardu

Tata Cara Zikir dan Doa Setelah Salat Fardu adalah sebagai berikut:
  1. Membaca istighfar
    Istighfar artinya memohon ampunan kepada Allah SWT atas dosa-dosa yang dilakukan baik sengaja maupun tidak sengaja. Istigfar dibaca sebanyak 33 kali. Bacaan istighfar adalah Astagfirullahal 'azim. Artinya : "Aku memohon ampun kepada Allah Yang Maha Agunng"
  2. Membaca Tasbih
    Setelah membaca Istigfar, dilanjutkan membaca tasbaih sebanyak 33 kali. Tasbih artinya menyucikan Allah, karena Allah Maha suci. Bacaan tasbih adalah : Subhanallah  artinya "Maha Suci Allah"
  3. Membaca Tahmid
    Selesai membaca tasbih, dilanjutkan membaca tahmid sebanyak 33 kali. Tahmid artinya Memuji Allah. Karena Allah itu Maha Terpuji. Bacaan Tahmid adalah : Alhamdulillah " Artinya : Segala puji bagi Allah."
  4. Membaca Takbir
    Setelah membaca tahmid, dilanjutkan membaca takbir sebanyak 33 kali. Takbir artinya Allah Maha Besar. Bacaan takbir adalah :  Allahu Akbar. Artinya : "Allah Maha Besar".
  5. Membaca Tahlil
    Setelah membaca takbir, sebagai penutup dlam berdzikir kit membaca tahlil. Bacaan tahlil adalah : La ilaha illallah hu wahdahu la syari kalahu, lahul mulku walahul hamdu wahua 'ala kulli syaiin qadir," Yang artinya: "Tidak ada Tuhan melainkan Allah, Sendiri-Nya, tidak ada sekitu bagi-Nya yang mempunyai kekuasaan dan yang mempunyai pujian. Dan dia berkuasa atas segala sesuatu."

2 komentar:

  1. Post yang sangat bermanfaat
    barakallah

    BalasHapus
    Balasan
    1. mudah-mudahan postingan saya kali ini bermanfaat utuk orang banyak mba maya, amin

      Hapus