Senin, 25 Januari 2016

Cara Mengatasi Anak yang Tidak Mau Makan

Kadang si kecil anak kita suash ekali untuk makan, senagnya makan jajan. Ya nggak! Tidak jauh berbeda dengan anak saya. Anak saya juga susah kalau disuruh makan.
Lantas apa yang harus kita lakukan sebagai orang tua? Berikut langka-langkah nya agar si kecil suka makan.
  • Ajak mereka saat mempersiapkan makanan
    Melibatkan si kecil saat kamu mempersiapkan makanan untuknya bisa jadi cara yang ampuh supaya dia tidak pilih-pilih makan. Kamu bisa terangkan satu persatu jenis-jenis bahan yang kamu akan masak plus kandungan gizinya, tentu saja dengan bahasa yang muda dimengerti. Jangan lupa juga ajak si kecil untuk ikut menghiasnya. Setelah selesai, si kecil akan sangat bersemangat untuk menyantap hidangan buatannya sendiri.
  • Ajari mereka untuk menyukai makanan
    Ganti pendekatanmu dengan cara yang lebih baru. Daripada memberinya sebuah makanan untuk melihat reaksinya, kamu bisa mulai mengajaknya bercerita soal makanan. Ubah mindset-nya dengan menanamkan kalau makanan sangat baik untuk tubuh tidak boleh pilih-pilih.
  • Kombinasikan makanan
    Jangan putus asa kalau apa yang kamu sajikan ditolak si kecil. Kamu bisa mencampurkannya dengan bahan makanan lain untuk menyamarkan makanan yang dia tidak suka, Moms.
  • Sajikan berbagai jenis makanan
    Anak suka mencoba segala hal, Moms, termasuk pada makanan. Sajikan berbagai jenis makanan dalam satu kesempatan, tentu saja kamu bisa menyesuaikan porsinya dengan kondisi mereka. Pastikan semua yang kamu sajikan bergizi dan berguna untuk pertumbuhannya.
Itulah yang dapat orang tua lakukan agar si kecil mau makan makanan kita.

10 komentar:

  1. Wah ini sangat bermanfaat sekali, anak saya juga susah makannya gan,

    BalasHapus
  2. Wah boleh dicoba nih mba tipsnya, makasih yah

    BalasHapus
  3. kayaknya perlu juga mengkoombinasikan makanan agar tidak monoton makannya. anak saya yang pertama memang susah makannya, kadang saya bawa ketempat makanan yang enak juga gak mau makan. tapi kalau udah c emilan langsung mau. makanya mamahnya bikin cemilan dari campuran nasi sama sayur... kadang saya mau ngasih vitamin penambah nafsu makan, takut juga ada efek yang gak baik sista. makanya saya lebih memilih untuk eksplorasi membuat makanan rumahan, walau sederhana tapi enak dan aman... sampai sekarang masih berusaha mencoba berbagai menu untuk anak saya yang pertama. kalau yang kedua, gak usah repot, apa aja masuk, asal aman dan bersih mah... ok deh makasih atas infonya. saya akan coba mengajari mereka menyukai makanan dan menyediakan beberapa menu agar terbiasa... ok makasih sekali lagi

    BalasHapus
    Balasan
    1. makasih juga kunjungannya mbah dinan! terimakasih partisipasinya

      Hapus
  4. nice info... bisa jadi referensi entar kalau sudah punya anak :)
    untuk sekarang masih loading, alias nunggu kelahiran anak pertama *loh jadi curhat :D

    BalasHapus