Selasa, 28 Juli 2015

Modal Kesuksesan Nabi Muhammad SAW dalam Berdakwah di Makkah

Nabi Muhammad saw mengembangkan dakwahnya di Makkah dengan segala tantangan dan ancaman dari masyarakat Quraisy. Tantangan tersebut tidak menghalangi beliau untuk menghentikan dakwahnya. Perjuangannya terus dilakukan sehingga pengikutnya terus bertambah. Keberhasilan tersebut tidak lepas dari karakter yang dimiliki oleh Nabi Muhammad Saw, karakter tersebut antara lain :
  1. Sabar
    Nabi Muhammad saw memiliki kesabaran dalam memnghadapi ancaman, tantangan, hambatan dan gangguan baik dari keluarga maupun masyarakat Makkah. Sikap sabar menjadi modal utama Nabi Muhammad untuk terus berdakwah dan tidak putus asa.
  2. Kegigihan dan keuletan
    Nabi Muhammad saw memiliki kegigihan dan keuletan dalam menyebarkan Islam, baik kepada keluarga maupun masyarakat Makkah. Kegigiha dan keuletan menghadapi segala rintngan yang dihadapi.
  3. Berakidah yang benar dan kuat
    Karakter ini menjadi modl utama dalam dakwah nbi Muhammad. Beliau mmeyakini akan janji Allah swt. Beliau tidak pernah ragu akan janji Allah yang akan melindungi dakwahnya.
  4. Akhlak terpuji dan menjauhi Kemungkaran
    Nabi Muhammad saw sudah terkenal dengan julukan : Al Amin sebelum diangkat menjadi Nabi dan Rasul. Masyarakat Quraisy sudah mengakui kebikan dan kejujuran Nabi Muhammad saw. Sehingga ketika Nabi Muhammad saw diangkat menjadi Nabi dn Rasul, semua orang tidak bisa menolak akan kebenaran dakwahnya. Tapi karena kesombongan dan keangkuhan menjadi masyarakat Quraisy menolak dakwahnya.
  5. Kesetaraan Derajat
    Nabi Muhammad saw menjunjung tinggi persamaan derajat sesama manusia. Tidak ada perbedaan antara bangsawan dan budak, antara yang kaya dan si miskin. Perbedaanya hanya pada keimanan. Karakter ini membuat semua orang merasa nyaman dan diakui secara sama.

4 komentar:

  1. yang jelas akhlak nabi begitu terpuji dan itu yang mmebuat simpati banyak pengikut dan musuh beliau...ditambah dengan kesabaran yang luar biasa membuat Rasulullah selalu tenang dalam menghadapi segala hal...makasih telah berbagi pencerahan ya mbak ida. salam sahabat blogger.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama mbah dinan, makasih dah mampir ke blog ane.

      Hapus
  2. subhanallah ... sangat bermanfaat sekali artikel nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya syukur kalau bermanfaat, makasih kunjungannya gan!

      Hapus