Sabtu, 07 Maret 2015

Kepergian Wanita Tanpa Disertai Mahram

Bolehkah wanita pergi tanpa disertai mahram? Memang benar sekali bahwa kepergian wanita tanpa disertai mahramnya itu akan banyak mengundang bahaya. Terutama  bagi lelaki hidung belang akan mengambil kesempatan untuk mengganggunya. Dimana wanita bukanlah seperti laki-laki, ia berada diposisi yang lemah. 
Karena itu, bila ia mendapat gangguan dari kaum lelaki akan mengorbankan kehormatannya di tangan kaum lelaki setelah mati-matian mempertahankan kehormatannya itu?Karena itu, Islam sangat menekankan kepada kaum wanita, terutama yang muslimah untuk tidak bepergian kecuali bersama mahramnya.
Dalam hal ini, disebutkan dalam hadist yang bersumber dari Ibnu Abbas ra. bahwa ia berkata: "Nabi saw bersabda: "Janganlah seorang wanita bepergian, melainkan bersama mahramnya". (HR.Bukhori dan Muslim).

Yang dimaksud bepergian disini adalah mencakup segala bentuk bepergian, termasuk bepergian  untuk menunaikan ibadah haji.
Jadi, agama telah melarang wanita bepergian sendirian tanpa ditemani oleh mahramnya, karena dikhawatirkan akan keselamatan dirinya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar